Minggu, 01 Agustus 2010

Profil Kabupaten Kutai Timur


Kabupaten Kutai Timur merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan timur yang beribukota di Sangkkulirang, secara geografis terletak antara 118o58 19 -115o58 26 BT dan antara 1o52 39 - 0o02 10 LU. Berbatasan dengan Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Berau di utara, Selat Makassar di timur, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan barat. Luas wilayah daerah ini 35.747,50 Km2.
Secara administratif, daerah ini terbagi menjadi delapan kecamatan. Kabupaten ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan antaralain di sektor pertambangan, Kabupaten Kutai Timur mempunyai potensi sumber daya alam yang besar, baik berupa bahan tambang maupun hutan, bahan tambang berupa batu bara merupakan salah satu komoditas yang menonjol dijumpai pada formasi-formasi yang sebagian besar terdapat pada bagian utara ke arah tengah timur kabupaten. Sedangkan bahan tambang berupa emas penyebaran depositnya terdapat di wilayah pedalaman pada morfologi pegunungan di sekitar hulu sungai Telen (Muara Wahau), sungai Marah, dan wilayah muara Ancalong. Di sektor perikanan, Ekosistem pesisir dan laut memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai daerah penyangga bagi kehidupana aneka ragam biota yang mempunyai nilai ekonomis penting bagi kehidupan manusia. Kawasan pesisir Sangatta - Sangkulirang memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah, terutama untuk perkembangan perikanan. Pada sektor paariwisata, kabupaten Kutai Timur mempunyai potensi yang besar. Sebelas lokasi potensi wisata yang berupa wisata pantai, sumber air panas, goa, pulau dan lamin adat. Dari potensi wisata tersebut, yang sangat propektif untuk dikembangkan adalah jenis obyek wisata alam, wisata budaya. Lokasi wisata tersebut seperti pulau Birah-birahan di teluk Manubar kecamatan Sangkulirang, teluk lombok, wisata tambang dan TNK di kecamatan Sangatta.
Kabupaten ini juga memiliki berbagai sarana dan prasarana penunjang diantaranya jalan darat, empat buah Pelabuhan yaitu Pelabuhan Tanah Grogot, Pelabuhan Tanjung Ssantan, Pelabuhan Ssangkulirang, dan Pelabuhan Khusus Bontang, serta dukungan sarana pembangkit tenaga llistrik, air bersih, gas, dan telekomunikasi.

Sumber Data:
Kalimantan Timur Dalam Angka 2007
(01-8-2007)
BPS Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Kemakmuran No. 4. Samarinda 75117
Telp (0541) 743372
Fax (0541) 201121

Updated: 05-8-2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar